Berita

    Rekomendasi Jenis Lampu Mobil yang Cocok Untuk Anda

    Lampu mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan saat berkendara. Terutama saat kondisi cuaca buruk atau Anda berkendara di malam hari. Untuk itu Anda harus memilih jenis-jenis lampu mobil yang tepat.

    Artikel ini akan membahas jenis lampu pada mobil serta rekomendasinya. Supaya bisa menjadi referensi Anda dalam memilih jenis lampu mobil.

    3 Jenis-jenis Lampu Mobil

    Lampu mobil memiliki beberapa fungsi. Mulai dari menerangi selama perjalanan, hingga sebagai fungsi estetika.

    Ada beberapa jenis lampu mobil yang harus Anda pahami. Berikut ini penjelasannya:

    • Lampu Halogen

    Lampu yang satu ini adalah jenis lampu mobil yang paling umum digunakan. Halogen biasanya lebih terjangkau dalam hal harga dan mudah ditemukan di toko suku cadang mobil. 

    Lampu ini terbuat dari filamen tungsten. Komponen tersebut terbungkus kaca kuarsa yang tipis, namun tahan dari panas. Pada bungkusan, terdapat beberapa campuran gas seperti Halogen, Krypton, Argon dan Nitrogen.

    Lampu halogen memberikan cahaya yang cukup terang dan memiliki umur pakai yang cukup panjang. Fungsi lampu ini adalah sebagai penerang utama pada mobil. Lampu ini bisa Anda nyalakan saat kondisi sedang mendung atau pada malam hari.

    Meski demikian, halogen cenderung lebih boros energi dan memiliki kecenderungan untuk cepat panas. Daya lampu ini sekitar 35-55 watt. Sementara suhu minimal untuk pengoperasiannya yaitu 250 derajat celcius hingga 900 derajat celcius.

    • Lampu LED

    Jenis-jenis lampu mobil berikutnya adalah lampu LED (Light Emitting Diodes) yang telah menjadi pilihan populer dalam beberapa tahun terakhir. LED menawarkan cahaya yang lebih terang dan tajam dibandingkan dengan lampu halogen. 

    Meski cahayanya lebih terang, lampu ini menggunakan energi yang lebih sedikit. Selain itu, lampu LED memiliki umur pakai yang lebih panjang dan tahan terhadap getaran dan goncangan. 

    lampu led mobil

    Freepik.com

    Meskipun harganya cenderung lebih tinggi daripada lampu halogen, investasi dalam lampu LED dapat menghemat biaya dalam jangka panjang. Sebab umur pakai lampu ini lama.

    Lampu LED cocok untuk Anda yang mengutamakan efisiensi energi dan kualitas cahaya yang baik. Tak hanya itu, Anda juga tidak membutuhkan pemasangan yang sulit ketika memilih lampu yang satu ini.

    • Lampu Xenon (HID)

    Jenis yang ketiga adalah lampu Xenon, atau High-Intensity Discharge (HID). Xenon menawarkan cahaya yang begitu terang dan juga fokus. Sebab, lampu menggunakan gas Xenon untuk menciptakan cahaya yang lebih putih dan lebih terang daripada lampu halogen.

    Lampu Xenon cocok untuk Anda yang mencari peningkatan signifikan dalam visibilitas di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk. Namun, perlu diingat bahwa lampu Xenon memerlukan peralatan khusus untuk instalasi dan mungkin memerlukan biaya tambahan.

    Saat melakukan pemasangan, lampu Xenon membutuhkan arus listrik yang berbeda. Maka dari itu, membutuhkan instalasi khusus yaitu ballast sebagai penyeimbangnya.

    Dari ketiga jenis tersebut, lampu LED dan Halogen yang banyak dipasang pada mobil Anda. Meski begitu, memilih jenis lampu memang tidak bisa sembarangan. Anda harus menentukannya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penggunaan.

    Pertimbangkan dengan cermat kebutuhan Anda serta anggaran yang tersedia sebelum membuat keputusan akhir. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi mobil untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan mobil Anda.