Berita

    Simak 5 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Berikut ini

    Pernahkah merasakan keadaan mesin mobil yang tiba-tiba saja mati? Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu karena mesin mobil yang sering cepat panas. Ada beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang dapat Anda ketahui dan hindari. 

    Mesin yang panas ini biasanya bukan karena umur ataupun jenis mesin pada mobil, tapi karena kesalahan pemakaian dari pengguna kendaraan roda empat ini. Simak beberapa penyebab mesin panas di bawah ini.

            1. Oli Mobil yang Jarang Diganti

    Oli pada mobil berfungsi sebagai pelumas juga pendingin pada mobil, sehingga tidak terjadi mesin panas atau overheat. Penggunaan oli yang benar akan menghindarkan mobil dari keadaan cepat panas.

    Namun jika oli sudah jarang diganti hingga berwarna pekat, hal ini bisa menjadi penyebab dari mesin yang cepat panas. Selain itu, penyebab lain yaitu karena oli mesin berkurang karena menguap saat proses pembakaran. 

    Untuk mencegah mesin panas, Anda bisa mulai mengganti oli mesin secara teratur tiap sebulan sekali atau setiap mencapai 5 ribu kilometer. 

             2. Radiator Mempunyai Sirkulasi Air yang Bermasalah

    Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya yaitu karena sirkulasi air pada radiator tidak berjalan semestinya. Radiator pada mesin mobil ini harus memiliki sirkulasi yang lancar agar air radiator tidak terhambat jalannya. 

    Tidak lancarnya air radiator ini akan mengakibatkan proses pendinginan mesin mobil tidak berjalan lancar. Sehingga suhu pada mesin naik dan mesin jadi overheat. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa mengeceknya secara rutin tiap sebulan sekali pada bengkel langganan Anda. 

            3. Kesalahan Pemilihan Cairan Radiator

    Selain dikarenakan sirkulasi radiator yang tidak lancar, mesin cepat panas juga bisa disebabkan oleh cairan radiator yang salah atau tidak tepat. 

    Cairan radiator yang biasa digunakan yaitu air. Namun air ini bisa saja memiliki kotoran yang dapat mengendap dan menyumbat saluran mesin radiator. Hal inilah yang dapat membuat mesin overheat atau tiba-tiba mati karena cepat panas.

    Untuk menyiasatinya gunakan cairan radiator berupa coolant khusus untuk mesin radiator. Sehingga tidak terjadi penyumbatan oleh kotoran-kotoran dari cairan radiator lagi. 

            4. Karet Tutup Radiator Rusak