Berita

    Penyebab Rem Mobil Ngempos dan Cara Sederhana Mengatasinya

    Rem ngempos pada mobil merupakan salah satu kendala pada rem yang harus cepat ditangani. Agar bisa mengatasinya secara optimal, pertama-tama Anda harus mengetahui penyebab rem mobil ngempos terlebih dahulu agar perbaikan tepat sasaran.

    Rem memiliki peran yang sangat penting pada sebuah kendaraan khususnya mobil. Peranannya sendiri sangat vital karena dapat menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Itulah kenapa, setiap kendala yang terjadi pada rem harus segera ditangani.

    Penyebab Rem Mobil Ngempos

    Setidaknya ada sekitar 7 penyebab umum yang menyebabkan rem mobil ngempos. Berikut sudah kami rangkum penyebab-penyebabnya di bawah ini.

    1.  Sistem Hidrolik Rem Kemasukan Gelembung Udara

    Masuk angin pada mobil juga bisa menyebabkan fungsi rem menjadi tidak optimal. Gelembung udara yang tidak sengaja masuk ke dalam sistem hidrolis rem dapat menyebabkan rem menjadi ngempos.

    Penyebab masuk angin pada mobil dikarenakan kurangnya volume minyak rem yang ada pada reservoir. Selain itu juga bisa karena posisi mobil yang miring.

    2.  Ada Masalah Pada Sistem ABS Mobil

    Rem mobil yang ngempos juga bisa terjadi karena sistem ABS yang bermasalah. ABS yang bermasalah akan menyebabkan rem menjadi terasa blong. ABS sendiri memiliki fungsi penting yaitu untuk mencegah roda mobil agar tidak slip.

    ABS pada mobil memiliki sistem kerja semacam pompa. ABS tersebut akan menekan minyak rem dengan cara memompanya.

    3.  Kerusakan Pada Master Rem

    Fungsi dari master rem yaitu untuk mengubah dorongan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Ketika ada permasalahan pada master rem, maka tekanan hidrolik pun akan terganggu.

    Efek kerusakan atau permasalahan pada master rem ini dapat menyebabkan rem menjadi ngempos atau blong.

    4.  Kanvas Rem Sudah Mulai Aus

    Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa terjadi akibat kanvasnya yang sudah aus dan harus diganti. Kanvas yang bermasalah tersebut bisa menyebabkan pengereman menjadi tidak maksimal.

    Kanvas yang jelek juga dapat menyebabkan kesulitan saat mengontrol laju kendaraan. Selain itu juga bisa menyebabkan rem terasa ngempos. Jika dibiarkan hal ini bisa berakibat fatal.

    5.  Minyak Rem Habis

    Cek kondisi minyak rem mobil apakah masih ada atau sudah habis. Jika sudah habis, maka bisa dipastikan kondisi rem yang ngempos ini akibat minyaknya sudah habis. Jadi pastikan Anda mengeceknya secara rutin.