Berita

    Ketahui Gejala Sensor ECT Rusak & Cara Mencegahnya.

    Istilah ECT mengacu pada salah satu komponen mesin mobil yaitu Engine Coolant Temperature. Fungsi komponen satu ini adalah untuk mendinginkan mesin mobil yang berada pada kondisi yang terlalu panas. ECT ini dikendalikan oleh sensor. Apabila sensor ECT rusak, maka mobil Anda dalam kondisi yang tidak optimal.

    Berperan sebagai sensor temperatur cairan pendingin mesin, komponen satu ini wajib dijaga kondisinya. Maka Anda wajib mengetahui gejala yang menandakan bahwa mesin sensor ECT sedang rusak. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara mencegahnya.

    5 Gejala Sensor ECT Rusak

    Sebelum sensor ECT kendaraan Anda semakin rusak dan membuat mobil Anda tidak optimal. Maka, Anda wajib mengetahui gejala-gejala sensor ECT yang rusak. Ada 5 gejala sensor ECT Anda rusak yang patut diperhatikan, yaitu:

            1. Lampu Check Engine Menyala

    Pertama, Anda harus waspada jika lampu check engine menyala terus-menerus. Hal ini berkaitan karena sensor komputer kendaraan atau ECU mendeteksi adanya komponen yang rusak. 

    Maka dari itu, jika Anda menemukan gejala lampu engine yang menyala, segera dibawa ke bengkel terdekat.

            2. Keluar Asap Hitam dari Knalpot

    Sensor ECT mengatur sinyal temperatur atau suhu udara. Jika sensor tersebut rusak, maka kemungkinan kendaraan Anda akan mengalami kesalahan dalam pencampuran bahan bakar. 

    Bahan bakar yang digunakan berlebihan akan menimbulkan asap hitam pada knalpot kendaraan Anda.

    Hal ini tentunya juga akan mengganggu kendaraan lain dan membuat mobil Anda menjadi tidak optimal serta tak ramah lingkungan. 

    Jika Anda mengalami knalpot kendaraan jadi hitam, maka sudah dapat dipastikan jika ada masalah pada mesin atau sensor kendaraan Anda.

            3. Jarak Tempuh Mobil Berkurang

    Gejala sensor ECT rusak berikutnya adalah jarak tempuh kendaraan Anda yang jadi berkurang. 

    Sensor ECT yang rusak akan mengirim sinyal palsu ke sistem komputer kendaraan dan membuat pembakaran bahan bakar menjadi tidak optimal. Hal ini juga menjadikan Anda akan boros bahan bakar.

            4. Mesin Mudah Overheat

    Gejala yang dapat Anda perhatikan selanjutnya adalah mesin kendaraan Anda yang mudah overheat atau panas. 

    Fungsi sensor ECT yang mana adalah untuk memberikan sinyal cairan pendingin agar dapat mencegah mobil Anda overheat. Namun, jika sensor rusak, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.