Berita

    Kenali Ground Clearance Pada Mobil dan Fungsinya

    Ground Clearance sangat penting bagi mobil, karena ia memberikan ruang antara ban permukaan ban jalan dan sasis mobil dengan ukuran tertentu agar, mobil dapat berjalan atau melintasi berbagai kontur jalan dengan aman.

    Ground Clearance setiap mobil berbeda-berbeda sesuai dengan peruntukan sebuah mobil. Biasanya ada perbedaan ukuran ground clearance antara mobil sport utility Vehicle (SUV) dengan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Biasanya ground clearance diukur dari permukaan jalan dengan sasis mobil atau juga bagian exhaust atau knalpot mobil. Keduanya menjadi patokan karena menjadi part yang paling rentan bila melintasi jalan dengan kondisi tertentu. Misalnya melintasi bergelombang, berbatu atau gundukan yang ekstrim.

     

    Pentingnya Ground Clearance

    Jarak ground clearance sangat mempengaruhi kemampuan mobil melintasi sebuah halangan di jalan. Ia menentukan keamanan mobil serta potensi kerusakan bukan saja pada sasis atau knalpot tapi juga bagian penting lainnya seperti mesin, karena saat melintasi banjir atau sungai, peran ground clearance dibutuhkan.

    1. Menghindari Air Masuk ke Mesin

    Ukuran tinggi rendahnya ground clearance menentukan sebuah mobil bisa melintasi banjir atau sungai. Ketinggian ground clearance akan memberikan kepercayaan diri bagi pengemudi untuk mengambil keputusan untuk menerabas genangan banjir atau sungai. Untuk mobil Suzuki yang paling mampu untuk menerabas sungai, banjir atau jalan dengan tantangan semi offroad, diwakili oleh XL7. Mobil SUV andalan Suzuki ini memiliki ground clearance tertinggi dikelasnya. Ground clearance nya mencapai 200 mm, sehingga dapat diandalkan untuk berbagai medan termasuk menerobos genangan air yang tinggi. Saat melintasi banjir, ground clearance seperti XL7 sangat dibutuhkan karena potensi exhaust menyelam dalam air tinggi. Dengan ukuran yang terbilang bagus, exhaust dan mesin bisa lolos dari tekanan air pada banjir

    2. Aman Melewati Berbagai Medan Jalan

    Keuntungan pada mobil dengan ground clearance yang tinggi, adalah kemampuannya untuk melibas berbagai medan jalan. Dengan ground clearance yang cukup tinggi sebuah mobil bisa bergerak tanpa rasa khawatir dari pengemudi, karena sasisnya aman dari benturan dengan permukaan jalan atau halangan. Dengan demikian mobil dapat bergerak dengan fleksibel di berbagai medan, baik di medan perkotaan yang rata maupun medan bergelombang atau memiliki gundukan, seperti jalan tanah yang semi offroad.