Berita

    Kenali Fungsi Return Spring Pada Mobil

    Return spring menjadi bagian komponen rem tromol. Untuk itu, sebelum lebih jauh membahas mengenai komponen ini, sebaiknya Anda wajib mengetahui apa itu rem tromol.

    Rem menjadi bagian vital untuk menghentikan mobil. Secara umum rem dibagi menjadi dua yaitu rem tromol dan rem cakram. Keduanya memiliki fungsi yang sama untuk menghentikan maupun memperlambat kecepatan mobil.

    Perbedaanya terletak pada desain dan cara kerjanya. Rem tromol sendiri memiliki sistem kerja dengan dua kanvas dalam rem tromol yang berupa mangkok. Dan saat beroperasi bagian tepi mangkok akan menekan ke luar dan membuat mobil berhenti.

    Kelebihan rem ini adalah dapat menghentikan roda dengan cepat dan mudah ketimbang rem cakram. Sehingga sering dipakai kendaraan truk dan lainnya.

    Selain itu, pada mobil rem tromol ini menggunakan sistem hidrolik untuk menekan kampas pada rem. 

    Fungsi Return Spring

    Kembali ke pembahasan awal mengenai return spring. Kira-kira apa fungsi utamanya dalam rem tromol? Berikut ulasannya:

    Mengembalikan Posisi Rem 

    Dalam proses pengereman menggunakan rem tromol, terdapat berbagai sistem kerja rangkaian komponen agar rem tromol dapat berjalan dengan normal. 

    Komponen ini dibuat dari besi yang sangat lentur yang berbentuk spiral. Fungsinya untuk mengembalikan posisi semula sepatu rem sesudah pengereman tromol berlangsung.

    Jadi, saat seorang pengemudi menginjakan kakinya pada pedal rem, maka secara otomatis sepatu rem akan bergeser kearah tromol rem. 

    Nah, agar posisi sepatu rem bisa kembali ke posisi awal. Maka membutuhkan komponen ini agar tidak hal-hal yang berbahaya. Dan pengereman dapat berjalan lancar.

    Macam-Macam Return Spring

    Dan berdasarkan kinerjanya, terdapat dua jenis spring sesuai kinerjanya yaitu: 

    • Upper spring 

    Apabila posisi pegas berada di bawah wheel cylinder. Fungsinya mengembalikan posisi sepatu rem ke awalnya lagi.

    • Lower spring 

    Apabila posisi pegas berada di samping setelan rem. Fungsinya untuk menjaga posisi sepatu pada rem untuk menekan brake shoe adjuster.

    Komponen Lain dalam Rem Tromol

    Selain spring, komponen lainnya yang masuk dalam rangkain proses pengereman rem tromol dalam mobil antara lain:

    • Backing Plate

    Piringan logam tipis yang berfungsi melindungi semua rangkain komponen rem tromol.

    • Silinder Roda