Berita

    Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya.

    Salah satu komponen penting bagi kendaraan adalah antena yang berfungsi untuk menangkap sinyal. Meskipun secara umum fungsinya sama, namun terdapat beberapa jenis antena mobil yang memiliki perbedaan dari segi bentuk hingga kemampuan menangkap sinyal.

    Adapun cara kerja antena mobil secara umum sama seperti antena dan sistem elektronik di rumah. Yaitu dengan cara menangkap sinyal audio/video untuk diteruskan pada fitur media, sistem radio, atau sistem entertainment yang ada di dalam kendaraan.

    Mengenal Jenis-Jenis Antena Mobil

    Antena pada mobil memiliki beragam jenis dan bentuk berbeda-beda. Seperti apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis antena tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

    • Antena Besi

    Meski pengaturannya cukup sulit, antena besi adalah yang paling umum digunakan untuk sinyal radio. Jika dipasang terlalu pendek, sinyal yang ditangkap akan kurang maksimal. Sedangkan jika dipasang terlalu panjang, antena akan rentan tersangkut.

    • Fixed Antenna

    Berbeda dengan antena besi yang teknologinya cenderung kuno, fixed antenna tidak perlu lagi diatur ukuran panjang pendeknya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir antena akan tersangkut, terbentur, atau tidak menangkap sinyal dengan baik.

    • Shark Fin Antenna (Sirip Hiu)

    Shark fin antenna adalah jenis antena yang berbentuk seperti sirip hiu dan dapat disesuaikan dengan tingkat lengkungan atap mobil. Model ini banyak disukai karena desainnya menarik dan memiliki daya tangkap sinyal yang baik.

    • Printed Glass Antenna

    Jenis antena mobil selanjutnya adalah printed glass antenna yang dibuat dari bahan logam dan plastik, dengan bentuk seperti kaca film. Keunggulan antena ini yaitu tidak terlihat menonjol, sebab menempel langsung di bagian kaca belakang mobil.

    • Motorized Antenna

    Terakhir, ada motorized antenna yang dapat memanjang dan memendek sendiri secara otomatis. Saat mesin atau head unit menyala, maka antena ini akan memanjang secara otomatis tanpa perlu ditarik secara manual.

    Cara Merawat Antena Mobil

    Agar tetap awet dan berfungsi dengan baik, antena perlu dirawat dan dikontrol kondisinya secara rutin. Adapun cara merawat antena mobil yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

    • Jaga Kebersihan Kendaraan