Berita

    Dampak Oli Palsu pada Performa Mobil

    Dampak oli palsu begitu buruk untuk kendaraan, salah satunya bisa merusak komponen dan memperpendek umurnya. Nah, agar terhindar dari kerusakan mesin yang parah, Anda perlu mengetahui apa saja dampak dari penggunaan oli palsu. Mari ikuti ulasannya!

    Inilah Dampak Oli Palsu untuk Mesin Mobil

    Di pasaran, banyak beredar oli palsu yang tampilannya mirip dengan oli asli. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika membeli oli agar tidak terkena dampak buruk dari oli palsu. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

    • Mesin Kehilangan Efisiensi pada Performanya

    Viskositas yang tinggi pada oli mesin akan memengaruhi alirannya yang akhirnya membuat pelumasan pada mesin tidak tercukupi. 

    Selain itu, tingkat kekentalan oli palsu yang di bawah standar juga bisa membuat performa mesin menurun. Sebab, mesin kurang pelumasan. 

    Lebih parah lagi, akselerasi mesin akan lebih berat, lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar, serta efisiensi mesin mulai menurun. 

    • Sirkulasi Mesin Jadi Terhambat dan Menyebabkan Overheat

    Dampak oli palsu berikutnya yaitu membuat sirkulasi pada mesin terganggu. Sebab, ada endapan yang menghambat pergerakan komponen di dalam mesin. 

    Bila menggunakan oli asli, mesin dapat bergerak lancar, berbeda dengan oli palsu yang justru membuatnya jadi berat setiap bergerak. 

    Apabila hal tersebut dibiarkan, maka akan terdengar suara kasar yang keluar dari mesin setiap kali digunakan untuk berkendara. Mesin juga bisa mengalami overheat karena oli palsu tidak mempunyai ketahanan terhadap panas. 

    Jadi, gunakan oli asli yang direkomendasikan pabrik agar mesin tetap terjaga performanya, fungsi oli untuk mendinginkan mesin juga terpenuhi. 

    • Umur Mesin Berkurang dan Cepat Rusak

    Dampak buruk oli palsu ketiga adalah memperpendek usia mesin dan membuat komponen lainnya jadi cepat rusak. 

    Pasalnya, hal tersebut dikarenakan kandungan yang ada di dalam oli palsu tidak bisa menjaga performa mesin. 

    Bila Anda terus menggunakan oli palsu dalam jangka panjang, ketahanan mesin akan terus berkurang hingga akhirnya turun mesin lantaran sering overheat

    Ketika mobil sudah turun mesin, membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. 

    Oleh karena itu, teliti oli yang akan Anda beli karena berhubungan dengan performa mesin. Bila perlu, beli di bengkel resmi atau distributor resminya. 

    gangguan pada mesin dan usianya berkurang

    Freepik.com

    • Menyebabkan Kecelakaan

    Mesin yang mulai bermasalah karena Anda menggunakan oli palsu, dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal itu bisa terjadi karena adanya kegagalan mekanis pada mesin, sehingga pengemudi tidak mampu mengontrol kendaraan saat kecepatan tinggi. 

    Agar kecelakaan tidak terjadi dan Anda bisa berkendara dengan aman, pastikan untuk menggunakan oli asli yang sesuai dengan merek kendaraan Anda. 

    Pasalnya, setiap kendaraan memiliki standar oli apa saja yang dapat digunakan. Hal ini bisa Anda cari tahu infonya dari tim mekanik di bengkel resmi. 

    • Mesin Mobil Sulit Dihidupkan

    Sebelum menggunakannya, Anda pasti akan memanaskan mesin terlebih dahulu di pagi hari. Perubahan suhu mesin dari suhu tinggi, berhubungan dengan oli yang berperan sebagai pelumas. 

    Nah, ketika Anda mulai kesusahan menghidupkan mesin dari posisi dingin, hal itu karena penggunaan oli palsu yang belum sesuai standar. Sebab, oli palsu ini juga akan memengaruhi daya aki pada mesin. 

    Demikian, itulah kelima dampak oli palsu yang dapat memengaruhi performa mesin kendaraan Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan oli asli buatan pabrik resmi.