Berita

    Jack Stand: Fungsi & Komponennya

    Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat, tentu sudah tak asing lagi dengan benda yang bernama jack stand. Ya, benda satu ini memang tidak dapat dipisahkan dari alat dongkrak mobil. Itulah mengapa benda satu ini memiliki fungsi yang cukup krusial bagi setiap kendaraan.

    Apabila Anda menghadapi keadaan darurat saat berada di perjalanan seperti ban bocor, tentu alat ini akan sangat membantu dalam memperbaikinya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai benda satu ini, berikut penjelasan lengkapnya.

    Pengertian Jack Stand pada Mobil 

    Benda ini merupakan pengangkat yang biasanya digunakan untuk menopang mobil ketika perlu diangkat, biasanya jika mobil tersebut akan diperbaiki. Benda ini juga erat kaitannya dengan dongkrak.

    Cara menggunakannya yaitu dengan cara meletakkannya di bagian bawah kendaraan sehingga dapat membuat kendaraan atau mobil terangkat dan ditinggikan. Dengan begitu akan mempermudah Anda memperbaiki bagian bawah kendaraan. 

    Alat ini juga seringkali digunakan untuk mengganti bagian ban mobil karena dapat mempermudah prosesnya. Itu mengapa alat ini wajib berada di dalam mobil Anda karena dapat digunakan sebagai alat darurat untuk mengecek kondisi mobil saat dalam kondisi yang darurat pula. 

    Komponen dari Jack Stand

    Terdapat sejumlah komponen pada alat ini. Berikut ini penjelasan dari masing-masing komponen tersebut.

    • Lock Pin

    Komponen pertama dari alat ini adalah lock pin atau disebut juga dengan pin pengunci. Komponen satu ini terbuat dari material besi dan berbentuk segitiga dan adapula yang bundar. 

    Komponen ini berfungsi sebagai pengunci dan juga penahan komponen tube (rahang) agar tetap terjaga kestabilannya pada saat digunakan. 

    • Tube (Rahang)

    Yang kedua adalah tube atau disebut juga sebagai rahang. Tube ini berfungsi untuk meletakkan bagian bawah bodi mobil untuk menghindari munculnya lecet di bagian bawah mobil. 

    Biasanya komponen ini juga dilengkapi dengan sadel dan juga terdapat base yang berfungsi untuk menghindari komponen ini turun pada saat digunakan. 

    • Pengatur Tube

    Seperti namanya, komponen satu ini berfungsi untuk mengatur dan juga menahan posisi tube agar dapat bekerja sesuai dengan kebutuhannya dan berbentuk tuas. 

    • Base

    Yang terakhir adalah komponen bernama base yang berfungsi sebagai penopang utama dari alat ini. Bagian satu ini perlu ditempatkan pada permukaan yang kuat dan rata seperti tanah atau lantai. Dengan begitu,alat ini akan berfungsi dengan baik.