Berita

    Waspada, Begini Ciri Busi Mobil Perlu Diganti

    Busi mobil menjadi salah satu komponen penting yang dimiliki kendaraan. Hal ini disebabkan karena busi mempunyai peran penting dalam proses pembakaran di mesin hingga akhirnya piston bekerja dengan optimal.

    Pada dasarnya, busi terbagi menjadi 2 macam berdasarkan bentuk yang dimilikinya yakni busi high performance dan busi berelektroda. Kedua jenis busi ini mempunyai karakteristik serta kode berbeda-beda serta sering dianalogikan sebagai busi dingin dan panas. 

    Layaknya suku cadang yang lain, tentu saja busi mempunyai masa penggunaan. Seringnya, busi diganti saat telah mencapai 60 hingga 80 ribu kilometer. Namun, ada pula beberapa tanda yang mengindikasikan jika busi harus diganti.

    Jenis-Jenis Busi yang Ada di Pasaran

    Ada berbagai macam jenis busi, yang sesuai dengan tingkat kompresi, karakter serta kapasitas mesin. Berikut berbagai macam jenisnya, antara lain:

    1. Busi Standar

    Jenis busi ini biasanya digunakan untuk mobil penunjang aktivitas sehari-hari. Busi standar atau copper biasanya lebih awet karena mempunyai umur penggunaan yang lebih lama serta bisa membuat mesin menjadi lebih stabil. 

    Sayangnya, jenis busi ini hanya digunakan untuk putaran mesin yang rendah sampai menengah. Busi ini tidak bisa digunakan untuk putaran mesin yang tinggi.

            2. Busi Platinum

    Busi ini sering disebut dengan busi racing karena memiliki desain yang lebih lancip jika dibandingkan dengan jenis standar. Jenis busi ini begitu responsif ketika digunakan di rpm bawah. 

    Sayangnya, busi platinum mempunyai masa penggunaan yang lebih pendek jika dibandingkan dengan busi standar. Bahkan, masa penggunaannya hanya berumur 3 tahun untuk kendaraan sehari-hari. 

            3. Busi Iridium

    Busi iridium merupakan jenis busi yang digunakan untuk mobil dengan rpm tinggi. Busi ini masuk dalam jenis racing serta tipe dingin karena bisa menghasilkan akselerasi yang begitu agresif serta tarikan kendaraan yang panjang. 

    Tanda Busi Harus segera Diganti

    Sebagai komponen yang vital, sebenarnya Anda tidak perlu menunggu hingga puluhan ribu kilometer untuk mengganti busi. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menjadi penanda busi harus diganti, seperti:

    1. Sulit Starter Mobil

    Salah satu pekerjaan penting yang dimiliki busi adalah memberi percikan bunga api agar bisa memicu pembakaran di mesin. Sayangnya, busi yang sudah lama membutuhkan waktu lama untuk menciptakan percikan bunga api.