Berita

    Gearbox Mobil : Fungsi & Cara Kerjanya

    Gearbox mobil atau transmisi manual sebagai salah satu komponen penting dalam mobil. Komponen ini memiliki tugas sebagai alat transmisi daya ke komponen-komponen mesin yang lainnya. Gearbox bertugas menyalurkan torsi ke alat penggerak mesin mobil. Untuk lebih mengetahui fungsi dan cara kerja dan fungsi dari komponen ini.

    Kenali Fungsi Gearbox Mobil 

    Gearbox disusun oleh beberapa komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk menyalurkan tenaga ke mesin-mesin yang lain. Untuk mengetahui fungsi sistem gearbox pada mesin mobil, maka harus mengenali masing-masing komponen penyusunnya. Berikut adalah bagian komponen gearbox di mobil yang harus Anda kenali.

    • Input Shaft

    Komponen ini bertugas menggerakkan gigi roda pada gearbox di mobil dengan memastikan kinerja putaran kopling. Nantinya, input shaft akan meneruskan daya ke main shaft. 

    • Transmisi Gear

    Anda bisa juga menyebutnya roda gigi transmisi, tugasnya mengubah torsi menjadi sesuai kebutuhan mesin. 

    • Gear Shift Fork

    Gear shift fork atau garpu transmisi sebagai dudukan lever transmisi gigi, memiliki fungsi memindahkan gigi agar sesuai dengan transisi perpindahan gigi. 

    • Output Shaft

    Ini adalah poros utama, sebagai holder utama dari bearing, synchromesh dan komponen lainnya. Poros ini menentukan kecepatan mesin mobil mengingat fungsinya adalah output transmisi. Alat ini membawa daya dari counter shaft menggunakan gear dan berdasar pada rasio gear. Komponen ini menentukan torsi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengendara.

    • Tuas Persneling

    Letak alat ini tak jauh dari tempat pengendara duduk, sebagai alat pengendali gigi transmisi.

    • Oli Filter 

    Persis sesuai dengan namanya, fungsinya untuk menyaring kotoran pada oli. Perlunya filtering pada pelumas agara efektivitas kinerja mesin berjalan lancar dengan kualitas oli yang bersih.

    • Transmission Case

    Bak yang menampung pelumas transmisi pada mobil. Berfungsi memperlancar setiap transisi komponen sistem gearbox.

    • Hub Slave

    Bertugas mengatur perputaran dan pemberhentian kinerja output shaft.

    • Speedometer Gear

    Mengukur kecepatan mobil kemudian di display di dashboard mobil sehingga dapat dimonitoring oleh pengendara. 

    Cara Kerja Gearbox Mobil