Berita

    Ketahui Fungsi Traction Control Pada Mobil

    Traction control pada mobil menjadi salah satu terobosan baru dari produsen untuk meningkatkan keamanan pengendara. Beberapa produsen mobil telah menambahkan fitur ini pada produk keluaran baru mereka. 

    Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui fitur ini. Akibatnya, pemanfaatan fungsinya juga tidak maksimal.

    Mengenal Traction Control Pada Mobil

    Traction Control adalah sebuah fitur yang mampu melindungi pengendara mobil dari risiko mengalami selip ban. Terutama saat berkendara dalam jalan yang licin hingga tikungan tajam.

    Ada dua fungsi dari fitur ini. Yaitu:

            1. Menjaga Kestabilan Mobil saat Ada di Jalan Menikung

    Pertama adalah menjaga keseimbangan mobil di jalanan menikung. Tentu Anda akan merasa was-was kan ketika berada di tikungan tajam? Ketakutan yang dirasakan bisa saja ban mengalami slip hingga tergelincir. 

    Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kemungkinan tergelincir dapat dihindari. Sebab, sistem pada mobil akan mengaktifkan pengereman secara otomatis. Sehingga saat berbelok pada tikungan tajam, maka keseimbangan roda akan terjaga dengan baik.

    Fitur ini bakal sangat bermanfaat pada Anda yang baru saja belajar menyetir. Apalagi jika ada pada tikungan tajam, yang harus stand by dalam sistem gas, pengereman hingga kendali kemudi. Dengan traction control, maka sistem akan membantu menjaga Anda saat sedang mengemudi.

    Namun demikian, sistem akan memperhitungkan cara yang tepat untuk menstabilkan kendaraan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakannya.

    Sebab secara otomatis, sistem akan menilai kekuatan rem pada masing-masing roda mobil. Sehingga kinerja rem pada masing-masing rem juga berbeda. Mobil juga tidak akan tiba-tiba berhenti mendadak.

            2. Mengurangi Risiko Tergelincir

    Masih dalam kondisi tikungan tajam. Apabila Anda tidak bisa melakukan kontrol kecepatan kendaraan dengan baik, maka risiko tergelincir semakin besar. Jelas hal ini bisa membahayakan Anda juga pengemudi kendaraan lain.

    Berbeda apabila Anda mulai mengaktifkan fitur ini pada mobil. Maka sistem akan membuat mobil Anda otomatis mengatur pengereman pada roda mobil. Sehingga ketika sampai pada tikungan, maka proses berbelok juga menjadi lembut. 

    Selain itu, fitur ini juga bisa mengembalikan mobil Anda ke jalur seharusnya saat berada di tikungan. Sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga Anda tetap aman.

    Cara Kerja Traction Control pada Mobil