Berita

    Aki Mobil Berapa Ampere? Ketahui Ini Cara Mengukurnya

    Untuk mengetahui aki mobil berapa ampere cukup susah jika belum mengetahui caranya. Apalagi metode yang digunakan di masing-masing produsen aki tidak selalu sama. 

    Ada yang ukuran ampere aki mobil telah dicantumkan pada bodi aki, namun ada juga produsen yang tidak mencantumkannya. Dan ini berlaku bagi semua aki, baik tipe aki kering, tipe aki basah, dan bahkan pada aki hybrid sekalipun. 

    Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui nilai ukuran ampere untuk masing-masing aki tersebut? Berikut penjelasannya. 

    Berapa Ampere Aki Mobil? Ini Cara Mengukur yang Tepat! 

    Anda mungkin pernah mengalami kesulitan menjawab pertanyaan penjual aki mobil ketika muncul inisiatif untuk menggantinya sendiri. 

    Apalagi jika pengetahuan tentang seputar teknik mesin mobil minim, akan fatal akibatnya jika salah membeli aki mobil karena tidak sesuai dengan jenis kendaraan yang dimiliki. 

    Agar kesalahan dalam membeli aki bisa dihindari, berikut ini cara mengukur aki mobil berapa ampere: 

            1. Menggunakan Ampere Meter

    Cara pertama yang dinilai paling mudah dan akurat adalah dengan menggunakan alat ukur yang bernama Ampere Meter. Cara ini berlaku apabila yang ingin diketahui adalah kapasitas ampere pada aki secara real time

    Dengan bantuan alat ini, Anda bisa mengetahui apakah daya aki mobil perlu diisi ulang karena telah berkurang atau tidak. Hanya saja, tidak semua orang memilikinya mengingat harga alat cek Ampere Meter yang cukup mahal. 

    Selain itu, hanya orang tertentu seperti mekanik mobil berpengalaman yang bisa menggunakan alat ini. 

    Pasalnya, butuh pengetahuan khusus untuk menggunakan alat ukur ampere aki mobil, baik dalam hal penanganan maupun “cara membaca” informasi yang tertera pada alat tersebut. 

            2. Melihat Bodi Aki Mobil

    Cara kedua untuk mengetahui berapa ampere aki mobil adalah dengan melihat secara langsung ke bagian bodi aki mobil Anda, di sana akan tertera nilai Ampere Hour (Ah) aki. 

    Beberapa produsen aki mobil seperti NS Battery, Yuasa, GS Battery, dan pabrikan lainnya secara umum mencantumkan ukuran ampere beserta tegangannya (dengan satuan Volt) di bagian bodi aki. 

    Meskipun demikian, untuk angka ampere dan posisinya berada di tempat yang berbeda-beda, tergantung dari desain dan juga model yang dikeluarkan oleh pabrikan aki tersebut.