Berita

    Mengatasi Masalah Bunyi Berisik pada Pedal Mobil

    Masalah bunyi berisik pada mobil Anda dapat bersumber dari pedal yang bermasalah. Anda tentu mengetahui bahwa komponen pedal mobil terdiri dari 3, yaitu gas, rem, dan kopling untuk mobil manual. Sedangkan, mobil matic berkomponen pedal gas dan rem saja.

    Jika Anda memiliki masalah keberisikan pada pedal mobil, mungkin salah satu dari komponen pedal tersebut yang bermasalah. Maka dari itu, ketahui berbagai cara mengatasi masalah berisik pada pedal gas mobil Anda di bawah ini!

    Cara Atasi Bunyi Berisik pada Mobil yang Bersumber dari Pedal Kopling

    Bunyi berisik pada pedal kopling mobil dapat menjadi sumber masalah jika tidak segera diatasi. Pedal kopling yang rusak dapat diakibatkan dari berbagai penyebab, seperti release bearing yang rusak atau aus. Maka dari itu, terapkan cara mengatasinya di bawah ini:

    • Menambahkan Cairan Pelumas

    Masalah munculnya bunyi berisik pada pedal kopling mungkin diakibatkan oleh mekanisme penggerak kopling yang kering. Model kopling hidrolik memiliki kelemahan engsel yang berpotensi kering.

    Maka dari itu, salah satu cara Anda untuk mengatasi hal ini terjadi adalah menambahkan cairan pelumas pada bagian engsel yang kering. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk menginjak pedal kopling dan mengecek apakah pedal masih berbunyi berisik atau tidak.

    • Mengganti Plat Penekan Pada Kopling

    Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bunyi berisik pada mobil adalah mengganti plat penekan pada kopling. Plat penekan menjadi komponen paling rentan dan tipis yang terdapat pada kopling.

    Sehingga komponen ini sering bermasalah dan dapat mengakibatkan keolengan. Mengganti plat penekan pada kopling menjadi cara yang paling efisien untuk mengatasi masalah ini. 

    Jika Anda sudah mengganti plat penekan maka bunyi pedal kopling tidak akan berbunyi lagi.

    • Mengganti Release Bearing yang Aus

    Kemunculan bunyi berisik pada pedal kopling dapat diakibatkan oleh release bearing yang aus. Release bearing merupakan bantalan yang berfungsi sebagai penghubung komponen release fork dan unit kopling yang berputar.

    Jika komponen ini rusak maka akan menimbulkan suara berisik yang mengganggu, terutama jika pedal kopling sedang diinjak. Maka dari itu, cara untuk mengatasi hal ini adalah mengganti release bearing yang lama dengan yang baru.

    Cara Atasi Bunyi Berisik pada Pedal Rem Mobil

    Komponen pedal yang kedua dan berpotensi untuk mengalami masalah kemunculan bunyi berisik saat diinjak adalah pedal rem. 

    Bunyi berisik yang muncul pada pedal rem mobil banyak disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, Anda dapat mengetahui cara mengatasinya di bawah ini:

    • Mengganti Kampas Rem

    Permasalahan utama yang terjadi pada pedal rem adalah kampas rem yang tidak berkualitas dan sudah menipis. Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka bunyi pedal rem akan berbunyi dan akan berpotensi untuk mengalami rem blong.

    Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi hal ini dengan cara mengganti kampas rem yang berkualitas dan selalu memperhatikan kondisi kampas. Disarankan jika Anda terus mengecek kondisi kampas secara rutin atau berkala.

    • Membersihkan Cakram Rem

    Komponen cakram rem yang kotor akan memunculkan bunyi berisik pada pedal mobil Anda. Karena cakram rem merupakan komponen yang sering terpapar debu atau kotoran berupa tanah ketika Anda berkendara.

    Pada kondisi ini, Anda wajib melakukan pemeriksaan rutin pada komponen cakram. Jika tidak diperiksa secara rutin, maka kotoran akan menumpuk dan membuat pedal rem akan rusak.

    • Memberikan Pelumas

    Pedal rem yang kekurangan pelumas dapat menimbulkan bunyi berisik pada mobil. Jadi, jika Anda merasakan pedal keras untuk diinjak dan menimbulkan suara segera berikan pelumas. Anda dapat memberikan pelumas secara mandiri atau pergi ke bengkel.

    rem mobil

     

    Cara Mengatasi Bunyi Berisik akibat Pedal Gas Bermasalah

    Pedal gas mobil juga dapat menimbulkan suara berisik yang dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti selang vakum mesin yang terlepas, fan belt yang kendur dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat membawa kendaraan Anda pada bengkel terdekat.

    Disarankan jika Anda tidak mengabaikan kondisi ini karena akan berakibat fatal pada komponen pedal gas. Selalu memperhatikan kondisi pedal gas mobil Anda dan peka terhadap perubahan yang dialami mobil Anda.

    Kesimpulannya, bunyi berisik pada mobil dapat diakibatkan oleh berbagai masalah yang muncul pada pedal-pedal mobil. Anda dapat melakukan pengecekan rutin dan berkala pada mobil secara mandiri atau ke bengkel resmi dan berkualitas.