Berita

    Wajib Tahu! Cara Cek Nomor Rangka Mobil Online

    Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara cek nomer rangka mobil? Jika belum, segeralah mencari tahu. Sebab hal ini untuk memastikan apakah mobil yang Anda miliki benar-benar sudah resmi terdaftar.

    Apalagi untuk Anda pembeli mobil bekas. Maka penting untuk memastikan tidak ada indikasi mobil tersebut bermasalah. Seperti ada penggantian dan lain sebagainya.

    Begini Langkah Cek Nomer Rangka Mobil secara Online

    Rangka mobil adalah kombinasi nomor dan juga huruf yang ada pada kendaraan Anda. Pabrik memberikan nomor rangka ini berbeda-beda. Sebagai bukti produksi dan juga administrasi pada negara.

    Pada mobil dengan model monocoque, letak nomor rangkanya ada pada bagian jok kursi depan. Namun jika mobil Anda menggunakan model sasis, maka letak nomor rangkanya ada pada bagian sasisnya.

    Saat ini, kepolisian telah memberikan kemudahan terhadap pengecekan nomor rangka pada mobil. Jika dulu Anda harus datang ke petugas, namun sekarang Anda bisa melakukannya secara online.

    Misalnya saja untuk Anda yang plat mobilnya B. Maka cara cek nomor rangkanya adalah sebagai berikut:

    1. Download Aplikasi

    Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi “Cek Ranmor dan Pajak DKI Jakarta” pada PlayStore. Namun aplikasi ini khusus untuk plat B atau Jakarta saja ya.

    download aplikasi untuk cek nomor rangkaUnsplash

    2. Daftarkan Diri

    Apabila Anda belum memiliki akun, sebaiknya buat terlebih dahulu. Ikuti petunjuk yang ada pada aplikasi untuk menggunakannya.

    3. Masukkan Identitas

    Kemudian masukkan nomor kependudukan saat mendaftar aplikasi. Anda juga akan diminta memasukkan nomor plat kendaraan. Sesuaikan langkah-langkah tersebut.

    4. Mulai Cari

    Setelah seluruh persyaratan sudah Anda lengkapi, klik tombol cari pada aplikasi. Kemudian aplikasi akan menampilkan seluruh informasi lengkap mengenai mobil Anda. Mulai dari nomor rangka kendaraan sampai pajak mobil.

    Ada 17 digit nomor yang akan keluar setelah pencarian. Sebagai informasi, berikut ini keterangan pada nomor rangka mobil:

    • Tiga digit pertama pada nomor rangka menunjukkan identitas pabrikan atau produsen mobil Anda. Istilahnya adalah World Manufacture Identifier yang berarti negara tempat dirakitnya mobil beserta produsennya.

    • Digit 4-9 berarti Vehicle Descriptor Section (VDS) yang menunjukkan model mobil, jenis hingga transmisi. Tentu saja kombinasinya berbeda tergantung penyusunan kode dari produsen.

    • Digit 10-17 menunjukkan kode produksi dari mobil dan juga nomor urutnya. Tentu ini akan berbeda pada tiap mobil.

    Cara Cek Nomor Rangka Mobil Daerah Lain

    Tidak hanya DKI Jakarta, namun provinsi lain juga bisa melakukan pengecekan nomor rangka secara online. Namun tentu saja aplikasi dan websitenya berbeda. Tergantung masing-masing daerah.

    Beberapa daerah yang bisa Anda temukan caranya sebagai berikut:

    • Jawa Timur: https://esamsat.jatimprov.go.id/ 

    • Yogyakarta: http://infonjkbdiy.com/  

    • Jawa Tengah: https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ 

    • Jawa Barat: https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ 

    Anda bisa mencari website atau penyedia layanan sesuai dengan masing-masing plat nomor kendaraan. Sementara untuk caranya akan sama. Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu, kemudian memasukkan plat nomor kendaraan Anda.

    Selain melakukan pemeriksaan nomor kendaraan, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi mobil Anda. Penting untuk melakukan service rutin pada mobil untuk menjaga kondisinya tetap prima.