Berita

    Penting! Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

    Masalah mobil matic rusak sebenarnya cukup sering dialami di tengah masyarakat. Jenis kasus atau kerusakannya bisa berbeda-beda dan tentu membutuhkan solusi yang berbeda pula. 

    Tipe mobil dengan transmisi otomatis memang sekarang sedang sangat populer. Banyak orang lebih tertarik menggunakannya karena jauh lebih praktis. Namun sebaiknya pahami juga kerusakan apa saja yang sering dialami tipe mobil ini. 

    Penyebab Mobil Matic Rusak Paling Sering Terjadi

    Banyak faktor yang bisa memicu kerusakan atau masalah pada mobil matic. Berikut ini akan dibahas beberapa jenis faktor penyebab kerusakan yang paling umum dijumpai dan sebaiknya Anda waspadai. 

    • Ban Selip

    Masalah pertama yang sangat sering terjadi adalah kondisi ban yang mudah sekali mengalami selip. Kerusakan ini biasanya terjadi saat pengemudi ingin memindahkan gigi dari gigi 1 ke gigi 2. 

    Faktor penyebab kondisi ini juga sangat bervariasi. Bisa saja terjadi karena oli transmisinya kurang, masalah pada brake, dan kerusakan di torque converter. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan agar kembali normal. 

    • Konsumsi Bahan Bakar Boros

    Banyak pengguna yang menyebutkan bahwa konsumsi bahan bakar jenis mobil ini cukup boros. Memang saat ini ada beberapa mobil matic yang didesain irit bahan bakar, namun rata-rata tetap saja terasa jauh lebih boros. 

    Kondisi ini bisa terjadi lebih parah jika ada kendala di beberapa komponen ruang bahan bakar mobil. Misalnya saja masalah atau kerusakan di bagian tangki, pompa bahan bakar, karburator, juga charcoal canister

    • Kendala pada Gigi

    Kasus mobil matic rusak juga sering dijumpai karena adanya keluhan sulit untuk memindahkan gigi. Perpindahan gigi seperti tersendat sehingga mempersulit pengendara. 

    Gigi yang tersendat ini biasanya muncul karena kualitas oli transmisi tidak begitu baik. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dan pilih jenis oli transmisi yang sesuai dan berkualitas bagus. 

    • Kebocoran Oli Transmisi

    Kerusakan lain yang juga umum dikeluhkan oleh pengguna mobil matic adalah kebocoran pada oli transmisi. Jika kebocoran ini dibiarkan begitu saja maka akan terjadi masalah atau kerusakan lain yang jauh lebih parah. 

    oli bocor

    Bocornya oli transmisi bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab. Misalnya saja karena menginjak rem terlalu kencang. Bisa juga terjadi setelah Anda menabrak polisi tidur terlalu keras. 

    • Getaran saat Mobil Berjalan

    Pengguna mobil matic juga sering mendapati adanya getaran saat mobil mereka berjalan. Getaran ini terasa tidak wajar dan seringkali disertai raungan yang aneh. Kondisi ini jelas menunjukkan bahwa mobil matic rusak dan ada masalah di dalam. 

    Getaran dan raungan yang tidak seharusnya ini bisa berasal dari kerusakan komponen di dalam mobil. Namun sulit untuk memprediksi mana bagian atau komponen yang rusak tanpa adanya pemeriksaan secara menyeluruh. 

    • Tenaga Mesin Tertahan

    Kerusakan pada mobil matic memang cukup beragam. Salah satunya bisa dirasakan oleh pengemudi saat mencoba menekan pedal gas. Seringkali tenaga mesin tertahan meskipun pedal gas sudah diinjak lebih dalam. 

    Performa mesin yang tertahan ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Penting sekali untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa masalah yang terjadi pada bagian mesin. 

    • Sulit Dibawa Menanjak

    Melewati jalan menanjak dengan mobil matic memang cukup menantang. Apalagi jika tipe mobil matic yang digunakan sudah cukup tua. Dalam hal ini Anda perlu mempelajari teknik yang tepat agar nantinya mobil bisa menanjak dengan hati-hati.