Berita

    Tips Aman Menghilangkan Noda Lumpur di Mobil

    Memasuki musim penghujan banyak jalanan berlubang yang tergenang air kotor dan lumpur. Pada musim inilah pemilik mobil harus berhati-hati terhadap noda lumpur di mobil. Apabila Anda mendapati noda lumpur pada bodi mobil Anda maka segera bersihkan.

    Noda lumpur yang dibiarkan sampai mengering tidak hanya lebih sulit dibersihkan namun juga bisa merusak cat mobil. Namun Anda juga tidak bisa membersihkan noda lumpur secara sembarangan karena jika caranya salah juga bisa merusak cat mobil.

    Tips Aman Menghilangkan Noda Lumpur di Mobil

    Terdapat beberapa kiat aman menghilangkan noda lumpur pada bodi mobil yang bisa Anda coba. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    • Bersihkan Lumpur dengan Steam

    Begitu Anda mendapati noda lumpur pada bodi mobil, jangan tunggu sampai noda mengering namun segera bersihkan. Ketika ingin menghilangkan noda lumpur, Anda dilarang langsung membersihkan noda dengan spons atau kain microfiber.

    membersihkan mobil dengan steamFreepik.com

    Noda lumpur sendiri biasanya memiliki banyak batu-batu kecil yang apabila langsung dibersihkan memakai spons maka batu-batu tersebut bisa menggores cat mobil Anda.

    Anda bisa membersihkan batu-batu pada lumpur dengan menggunakan steam atau air bertekanan tinggi. Sebelum menyemprotkan air pada bodi mobil pastikan jika jendela mobil tertutup rapat sehingga air tidak masuk ke dalam mobil Anda.

    • Gunakan Sabun

    Perlu diingat, bagian bawah atau kolong mobil rentan sekali terkena noda lumpur. Cara membersihkannya hampir sama dengan cara di atas hanya saja Anda harus berhati-hati dalam memilih produk sabun pembersihnya. 

    Pemilihan bahan sabun yang terlalu keras bisa merusak lapisan anti karat pada bagian kolong mobil. Beberapa sabun yang bisa digunakan diantaranya yaitu sabun pembersih khusus mobil, sabun cuci piring, atau cairan HF.

    Setelah noda lumpur hilang, Anda bisa menghilangkan noda lumpur di mobil yang tersisa dengan menggunakan sabun khusus bodi mobil. Anda bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan spons atau kain microfiber.

    • Bilas hingga Bersih

    Jika semua bagian bodi mobil yang terkena lumpur sudah terkena sabun maka Anda bisa membilasnya dengan air sampai bersih. Jangan sampai ada noda atau sisa sabun yang tertinggal karena bisa merusak cat atau membuat cat menjadi kusam.

    Setelah bersih lap mobil Anda dengan kain microfiber sampai kering. Anda bisa mengulangi tahap-tahap di atas jika ternyata masih ada noda yang tertinggal.

    • Mengaplikasikan Wax

    Terakhir, agar cat mobil Anda menjadi lebih berkilau dan mendapat perlindungan ekstra, Anda bisa mengaplikasikan wax pada bodi mobil. Pastikan wax melapisi bodi dengan baik dan cukup.

    Tips Membersihkan Noda Lumpur pada Jok Mobil

    Tidak hanya bagian eksterior, bagian interior mobil juga bisa saja terkena lumpur. Cara membersihkan noda lumpur pada jok berbeda dengan cara membersihkan noda pada bagian eksterior mobil.

    Pada eksterior, Anda tidak boleh membersihkan noda dengan menunggu lumpur mengering. Sebaliknya untuk membersihkan lumpur di jok Anda perlu menunggu noda mengering terlebih dahulu.

    Apabila Anda membersihkan noda pada jok saat lumpur masih basah maka noda akan menyebar ke area yang lebih luas. Setelah lumpur mengering Anda bisa membersihkan noda yang mengering dengan spatula, sikat, atau vacuum cleaner.

    Gunakan spons dan sabun untuk membersihkan bekas noda pada jok kemudian bilas sampai bersih dan keringkan. Apabila noda lumpur sangat banyak dan Anda kesulitan membersihkannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan jasa cuci mobil.