Berita

    8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Turun Mesin

    Sebagai pemilik kendaraan mobil pastinya harus selalu memperhatikan kualitas mesin agar tetap terjaga setiap waktunya. Maka dari itu, penting juga untuk memperhatikan hal-hal pada mobil yang bisa membuat turun mesin.

    Kondisi mesin yang turun tentu akan berpengaruh terhadap kinerja mobil saat dikemudikan. Hal ini bisa terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele oleh si pemilik mobil.

    Kebiasaan Buruk yang Membuat Mobil Turun Mesin

    Pada artikel ini, Anda perlu mengetahui lebih jauh apa saja kebiasaan yang bisa membuat mesin mobil turun. Apa saja itu? Berikut beberapa penyebabnya!

    • Mobil Jarang Servis

    Setiap komponen mobil memang sebaiknya harus dilakukan pengecekan atau perbaikan secara berkala setidaknya 3 sampai 6 bulan sekali. Tujuannya untuk memastikan bahwa kondisi mesin mobil tetap baik dan aman untuk dikemudikan. Namun, jika Anda memiliki kebiasaan enggan untuk servis, ini beresiko akan membuat mesin mobil turun dan tidak dapat bekerja dengan optimal.

    • Membawa Beban Muatan Berlebih

    Setiap mobil memiliki kapasitas ukuran dan beban muatan yang berbeda tergantung kebutuhan pengemudinya. Hanya saja, kebiasaan buruk seperti membawa barang dengan bobot berlebih masih sering terjadi. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu lama, tentu bisa mengurangi kualitas mesin mobil Anda.

    barang overload

    • Menerobos Banjir

    Saat melintasi jalan yang dipenuhi genangan air atau arus banjir, ini menjadi peringatan bagi para pengemudi. Alasannya karena kebiasaan menerobos banjir akan membuat air masuk atau menempel ke berbagai komponen mesin. Apabila Anda biarkan, akan membuat mesin bermasalah seperti turun mesin hingga mogok.

    • Tidak Segera Mengecek Mobil Setelah Overheat

    Overheat adalah suatu kondisi di mana mesin mobil mengalami panas yang berlebihan dengan mencapai suhu di atas batas normal. Penyebabnya antara lain seperti kebocoran pada sistem pendingin hingga jumlah cairan pendingin yang kurang. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bahkan akan menimbulkan masalah baru jika tidak diatasi.

    • Pengabaian Kondisi Ban dan Suspensi

    Penyebab masalah mesin tidak jauh dari kurangnya perawatan pada kondisi ban dan suspensi mobil. Hal ini yang menyebabkan hilangnya kestabilan, ketahanan, dan kenyamanan saat berkendara. Pengabaian pada 2 komponen mobil ini juga tentu dapat mempercepat keausan pada mesin lainnya.

    • Tidak Melakukan Pemeliharaan Khusus

    Pada kondisi tertentu seperti suhu ekstrem, penting sekali untuk melakukan pemeliharaan khusus untuk mencegah kerusakan pada sistem kendaraan. Mulai dari pengecekan oli mesin, bahan bakar, hingga sistem pendingin pada AC mobil Anda. Jika beberapa komponen ini tidak mendapatkan perawatan tambahan, hal ini bisa menyebabkan mesin mobil menjadi turun.

    • Mengemudikan Mobil Secara Kasar

    Kebiasaan buruk seperti rem mendadak, melintasi jalan berlubang, mengemudi dengan kecepatan tinggi merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh pengemudi kasar. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kualitas dari kinerja mesin di waktu mendatang. Ketidak hati-hatian dalam mengemudikan mobil tentu bisa menimbulkan masalah besar pada bagian mesin kendaraan Anda!

    Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang bisa membuat turun mesin pada mobil sehingga perlu Anda hindari sebagai pengemudi cermat. Dengan memahami cara perawatan yang tepat, tentu ini bisa menjaga performa mesin bekerja secara maksimal.