Berita

    Mengenal Jack Stand & Pentingnya untuk Memilikinya

    Jack stand atau yang juga akrab dikenal sebagai rigid rack merupakan salah satu alat perbengkelan yang sangat membantu pekerjaan para montir atau mekanik. Fungsi utama dari alat ini yaitu untuk menyangga mobil saat dilakukan perbaikan atau service.

    Tentunya, menyangga mobil menggunakan rigid rack akan lebih aman ketimbang menggunakan batu atau kayu. Untuk mengenal alat ini lebih jauh, mari simak informasi di bawah ini dengan saksama.

    Apa itu Jack Stand?

    Rigid rack merupakan alat yang digunakan untuk menopang kendaraan setelah diangkat menggunakan dongkrak. Tujuan dari penggunaan alat ini yaitu agar posisi kendaraan tetap dalam keadaan stabil selama proses perbaikan. 

    Cara menggunakannya yaitu, mobil akan diangkat terlebih dahulu menggunakan dongkrak. Setelah bagian yang dituju terangkat, rigid rack akan langsung dipasangkan untuk menahan kendaraan. 

    Cara kerjanya murni secara mekanik, tidak mengandalkan hidrolik atau pneumatik. Biasanya, alat ini digunakan saat pergantian ban mobil atau pemeriksaan komponen yang berada di bawah mobil.

    Fungsi Jack Stand yang Perlu Diketahui

    Mungkin Anda bertanya-tanya, seberapa penting alat ini dalam dunia otomotif? Agar mengetahuinya, mari ketahui beberapa fungsinya di bawah ini:

    • Mendukung Keselamatan

    Salah satu fungsi utama rigid rack adalah untuk mendukung keselamatan saat bekerja di bawah kendaraan. Hanya mengandalkan dongkrak untuk menopang kendaraan dapat menimbulkan risiko yang cukup fatal.

    Pasalnya, dongkrak dapat mengalami kegagalan atau kebocoran. Akibatnya, dapat menyebabkan kendaraan tiba-tiba jatuh saat Anda berada di bawahnya. 

    Sementara itu, rigid rack memberikan penyangga yang kuat dan stabil untuk menghindari situasi berbahaya ini.

    • Menjaga Kestabilan

    Rigid rack biasanya terbuat dari baja yang kuat dan dirancang untuk menahan berat kendaraan. Alat ini memiliki beberapa tingkat ketinggian yang dapat disesuaikan sehingga dapat menopang kendaraan dengan aman. 

    Dengan menggunakan rigid rack, Anda dapat memastikan kendaraan tetap stabil dan tidak bergoyang-goyang saat Anda bekerja di bawahnya. 

    Tentunya ini sangat membantu pekerjaan seperti mengganti oli, memeriksa rem, atau melakukan perbaikan di bawah kendaraan.

    • Mengurangi Beban pada Dongkrak

    Dongkrak digunakan untuk mengangkat kendaraan, tetapi tidak dirancang untuk menopang kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Sementara itu, jack stand memiliki kemampuan menyangga yang lebih kuat. 

    Oleh karena itu, biasanya dongkrak hanya digunakan untuk mengangkat mobil lalu ditahan oleh rigid rack. Hal ini tidak hanya dapat memperpanjang umur dongkrak, tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan saat bekerja di bawah kendaraan.

    • Memungkinkan Akses yang Lebih Baik

    Dengan menggunakan rigid rack, Anda dapat memiliki lebih banyak ruang dan akses saat melakukan perbaikan di bawah kendaraan. 

    Anda dapat mengatur ketinggian rigid rack sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan.

    • Pengganti Dongkrak

    Seperti yang sudah diketahui, jika fungsi utama dari rigid rack yaitu untuk menopang kendaraan yang sebelumnya sudah diangkat menggunakan dongkrak. Namun, dalam kondisi tertentu rigid rack juga dapat digunakan sebagai pengganti dongkrak.

    Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa jack stand adalah alat yang sangat sederhana, tetapi sangat penting dalam perawatan kendaraan yang aman dan efisien. Dengan menggunakan rigid rack, Anda dapat bekerja lebih aman di bawah kendaraan.