Berita

    Hindari Hal-Hal Berikut yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

    Penyebab mobil terbakar sangatlah beragam, mulai dari mesin yang terlalu panas hingga akibat dari kecelakaan. Mobil yang terbakar tentu menjadi permasalahan yang bisa membahayakan jiwa. 

    Berikut kasus mobil terbakar yang banyak terjadi di Indonesia dengan berbagai penyebab.

    • Mesin yang Terlalu Panas

    Penyebab pertama adalah keadaan mesin yang terlalu panas. Hal ini disebabkan oleh pelumas atau oli yang ada pada mesin mobil berubah menjadi encer. Inilah yang mengakibatkan mesin menjadi rusak sehingga terbakar.

    Oleh karena itu Anda harus rutin untuk mengganti oli pada mesin secara berkala. Ini akan membuat mesin mobil Anda terpelihara dengan baik.

    • Kecelakaan Mobil
    C:\Users\ASUS\Downloads\pexels-pixabay-163016.jpg

    Penyebab kedua adalah adanya kecelakaan mobil. Mobil yang mengalami kecelakaan berpotensi mengalami kebakaran, oleh karena itu jika hal demikian terjadi segera menjauh dari mobil.

    Mengapa hal demikian dapat terjadi? Karena ketika tabrakan terjadi, maka akn timbul kerusakan pada komponen-komponen mesin. Salah satunya adalah saluran bahan bakar yang mana ketika ada percikan atau gesekan akan langsung terbakar bahkan meledak.

    • Adanya Kebocoran pada Sistem Saluran Bahan Bakar

    Penyebab mobil terbakar yang ketiga adalah adanya kebocoran pada sistem saluran bahan bakar. Apabila saluran bahan bakar bocor dan terkena percikan api maka akan langsung tersambar dengan cepat.

    Kemungkinan terburuknya adalah kendaraan lain juga ikut terbakar karena bahan bakar yang bocor dan tercecer di jala juga dapat disambar oleh api dengan cepat dan mengenai kendaraan lain.

    • Ada Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

    Kerusakan pada sistem kelistrikan ini bisa disebabkan oleh hewan pengerat yaitu tikus. Biasanya memang kabel-kabel akan menjadi sasaran empuk bagi hewan jenis ini.

    Akibatnya sambungan pada kabel akan kendur bahkan terputus yang mana bisa menyebabkan pecikan api. Akhirnya akan membakar bahan yang akan mudah terbakar oleh api di mobil Anda. 

    Oleh karena itu rutinlah mengecek keadaan kabel dan mesin untuk menghindari kejadian semacam ini. Jika terjadi kerusakan segeralah bawa ke bengkel terdekat. 

    • Meninggalkan Barang-Barang yang Mudah Terbakar di dalam Mobil