Berita

    5 Tips agar BBM Tetap Hemat meski Pakai AC

    AC Mobil Penyebab BBM boros? Benarkah? 

    Ketika cuaca tengah panas, maka menyalakan air conditioner di dalam mobil adalah solusi terbaik. Sebab, Anda akan langsung merasakan kesejukan yang nyaman untuk dinikmati. 

    Namun, tahukah Anda jika semakin sering dan lama air conditioner dinyalakan, semakin banyak pula bahan bakar yang harus dikonsumsi oleh kendaraan. Itu berarti akan ada banyak yang harus dikeluarkan. Nah, untuk mencegah BBM boros akibat pemakaian air conditioner, berikut tipsnya: 

            1. Gunakan Jika Dibutuhkan dan Segera Matikan Jika Sudah Tidak Dipakai

    Serupa dengan penggunaan air conditioner di rumah, yang mana Anda hanya akan menyalakannya ketika dibutuhkan dan segera mematikan ketika dirasa ruangan sudah mulai sejuk. 

    Maka, lakukan hal tersebut untuk kendaraan pribadi. Nyalakan AC secukupnya ketika diperlukan. Kemudian segera matikan ketika kenyamanan dan kesejukan di dalam mobil sudah mulai terasa. 

            2. Biarkan Udara Mengalir

    Sumber kesejukan bukan hanya dari air conditioner saja. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan ventilasi flow-through atau membuka jendela ketika berkendara di dalam kota. 

    Dengan memanfaatkan dua hal tersebut, udara di dalam pun akan tetap mengalir dan bbm boros tidak akan terjadi karena pemakaian pendingin ruangan jadi lebih terbatas. 

            3. Tekan Tombol Sirkulasi Ulang

    Hampir semua tipe mobil modern memiliki tombol recirculation yang berfungsi untuk mengatur ulang sirkulasi udara di dalam mobil. 

    Manfaatkan fitur tersebut selama menyalakan air conditioner di dalam mobil untuk mengatasi BBM boros karena hanya menggunakan energi yang lebih sedikit dari seharusnya. Fitur ini berfungsi untuk mendinginkan udara yang sudah tersimpan di dalam kabin mobil, serta tidak membawa udara luar yang lebih hangat untuk didinginkan di dalam mobil. 

            4. Temukan Sedikit Naungan Ketika Berada di Tempat Parkir

    Kendaraan akan membutuhkan lebih sedikit pendinginan dari AC saat mesin dinyalakan jika diparkir di tempat teduh. 

    Namun, jika Anda tidak dapat menemukan area yang teduh, gunakan penutup jendela untuk mengurangi panas saat kendaraan diparkir.