Berita

    Simak Fungsi Connecting Rod Pada Kendaraan

    Connecting rod atau batang piston adalah salah satu komponen yang penting dalam sistem pembakaran. Sparepart ini juga mampu mendorong performa piston pada mobil.

    Kegunaan paling utama dari batang piston adalah sebagai komponen yang menghubungkan poros engkol ke piston pada sistem pembakaran. Selain kegunaan tersebut, terdapat fungsi lainnya sebagai berikut:

    Mengenal Fungsi Connecting Rod

    Selain fungsi utama diatas, komponen ini juga memiliki kegunaan lainnya. Antara lain:

    • Jembatan Antara Piston dan Poros Engkol

    Fungsi batang piston sebagai jembatan antara piston ke poros engkol. Kedua komponen itulah yang nantinya menjadi penghubung daya pembakaran ke poros engkol.

    Sehingga mesin dapat berjalan dengan cepat. Jika kedua komponen ini tidak berjalan maka laju mobil kurang maksimal atau bahkan menyebabkan mobil tidak bisa digerakkan.

    • Meningkatkan Performa Piston

    Fungsi connecting rod selanjutnya adalah mendorong gerakan pada piston. Mesin akan menyala jika piston bergerak. Jadi, jika dalam mobil Anda tidak ada batang piston maka secara otomatis mobil Anda tidak bisa dinyalakan.

    Tanpa batang piston ini mungkin ada bagian  komponen yang lepas dari tabung silinder. Dan apabila komponen ini benar-benar terlepas dapat merusak mesin mobil.

    Untuk itu, pastikan gerakan piston ini selalu seimbang agar mobil bisa melaju dengan cepat. Sehingga mobil bisa dikendarai dengan sangat nyaman.

    • Mengubah Tenaga Mesin

    Fungsi ketiga adalah mengubah tenaga mesin. Jadi, yang awalnya gerakan naik turun berubah menjadi gerakan memutar. Connecting rod dan porosnya mengubah tenaga tersebut dengan sangat cepat.

    Pada masa lalu komponen ini tidak bisa mengubah gaya pada mesin mobil. Karena sifat komponen yang kaku, tetapi masih bisa digunakan untuk mendorong saja. 

    Akan tetapi, saat ini fungsi komponen tidak hanya untuk mendorong gerakan mesin tetapi juga untuk mengubah tenaga mesin. Dan tenaga mesin ini yang nantinya membuat laju kendaraan semakin kencang..

    • Jembatan Antara Dua Spare Part Dalam Mesin

    Di connecting rod ini terdapat pen yang berfungsi untuk menghubungkan antara piston dengan batang piston. Jadi antara tiap batang piston energinya bisa saling tersalurkan.

    Dan di dalam batang piston terdapat dua komponen yaitu Small End dan Big End.

    • Mengendalikan Putaran Mesin