Berita

    Wajib Tahu! Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

    Menjelang puasa, mudik merupakan salah satu momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia untuk merayakan lebaran di halaman kampung tercinta. Berikut ikuti prediksi puncak arus mudik dan balik lebaran 2024 yang wajib Anda ketahui! 

    Seperti yang diketahui, lebaran merupakan salah satu momentum penting bagi umat Islam untuk merayakan hari kemenangan setiap tahunnya. Menjelang lebaran, akan banyak lalu lintas yang memiliki arus mudik cukup padat.

    Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

    Jika Anda sedang merencanakan perjalanan bersama keluarga menjelang lebaran 2024, maka perlu mengetahui puncak arus mudik dan balik di waktu mendatang. Lantas kapan puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H?

    • Puncak Arus Mudik Mulai 5 April

    Seperti yang diketahui, Hari Raya Idul Fitri bertepatan pada Selasa, 9 April 2024 mendatang. Pada kasus-kasus sebelumnya, puncak arus mudik biasa terjadi 4-7 hari menjelang lebaran.

    Dalam hal ini, Mabes Polri di Jakarta memprediksi kemungkinan puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada Jumat, 5 April 2024. Bahkan arus mudik tahun ini diprediksi melonjak sekitar 70 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

    Berdasarkan prediksi ini, tentu segenap aparat dan pemerintah juga mengupayakan agar arus mudik tetap lancar seperti tahun sebelumnya. Jadi, kelancaran arus mudik ini harus melakukan penerapan simulasi lalu lintas dan skema yang tepat.

    • Penerapan Rekayasa atau Simulasi Lalu Lintas

    Pihak kepolisian telah mempersiapkan untuk penerapan simulasi lalu lintas pada puncak arus mudik dan balik lebaran 2024. Diantaranya adalah one way, contraflow, hingga limitasi operasional kendaraan barang sumbu 3.

    Pada penerapan contra flow, Polri akan memberlakukannya mulai KM 36. Sementara, sistem one way bakal diterapkan di beberapa titik seperti KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Tol Kalikangkung.

    Selain itu, pemberlakukan rekayasa atau simulasi lalu lintas juga akan menerapkan sistem ganjil-genap secara situasional pada mudik lebaran mendatang. Pemberlakukan ini dilakukan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi dari tahun sebelumnya.

    • Penerapan Skema 4K

    Skema 4K meliputi kesiapan dan kesediaan infrastruktur jalan, kesiapan manajemen lalu lintas, kesiapan regulasi, kesiapan koordinasi dan kolaborasi. Penerapan 4 skema ini harus dikuatkan agar penanganan arus mudik tetap lancar.

    Kesiapan manajemen lalu lintas perlu diimplementasikan seperti penerapan contra flow, ganjil genap, satu arah, dan lain-lain. Ini juga meliputi kesiapan regulasi yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna lalu lintas selama arus mudik berlangsung.

    Puncak Arus MudikEl Jusuf - Pexels.com

    Adapun kesiapan koordinasi turut dilakukan dengan melaksanakan rapat koordinasi oleh Polri dengan stakeholder terkait. 

    Kesiapan kolaborasi juga telah dimaksimalkan dengan melibatkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jasa Raharja, dan Badan Pengatur Jalan Tol di  daerah setempat.

    • Arus Balik Lebaran 2024

    Selain arus mudik, Anda juga perlu mengetahui kapan waktu arus balik lebaran 2024 mendatang. Puncak arus balik ini biasanya berlangsung 2 hingga 5 hari setelah Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya.

    Melalui pernyataan Mabes Polri, mereka juga memprediksi puncak arus balik akan jatuh pada Senin, 15 April 2024 mendatang. Hal ini penting untuk diperhatikan agar masyarakat nantinya bisa mengantisipasi untuk menghindari kemacetan.

    Demikian informasi terkait puncak arus mudik dan balik lebaran 2024 yang perlu Anda ketahui. Sekiranya hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda menentukan jadwal mudik dan balik yang tepat bersama keluarga. Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika demikian. maka dapatkan artikel seputar mudik dan tips perjalanan hanya di suzukibali.id/berita!

     

    Referensi

    Tegar. (2024). Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi 5 April 2024 - https://www.rri.co.id/arus-balik-mudik/583997/polri-prediksi-puncak-arus-mudik-terjadi-5-april-2024

    Winarto, Yudho. (2024). Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 5 April 2024 dan Arus Balik 15 April - https://nasional.kontan.co.id/news/polri-prediksi-puncak-arus-mudik-lebaran-5-april-2024-dan-arus-balik-15-april