Berita

    Mesin Mobil Memiliki Bunyi "Klotok Klotok", Cek Penyebabnya Disini!

    Setiap pemilik mobil sudah seharusnya selalu merawat mobilnya dengan rutin. Walaupun sudah dirawat dengan rutin, tapi tetap saja pernah mengalami mesin mobil yang berbunyi klotok - klotok . Mesin mobil bunyi klotok-klotok merupakan satu pertanda kalau ada yang nggak beres pada mesin dan gejala ini tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini sering kali bikin pemilik mobil panik dan bingung terutama jika tidak mengetahui penyebabnya. Biasanya bunyi yang muncul itu terdengar seperti ketukan logam dari dalam kap mesin saat mobil dinyalakan. Bahkan bunyinya bisa makin nyaring pada saat mobil berjalan.  

    Dibawah ini, kami akan membagikan  penyebab yang bisa membuat mesin mobil anda terdengar bunyi klotok - klotok.  

    Penyebab Mesin Mobil Berbunyi Klotok - Klotok

    Saat mesin mobil berbunyi klotok-klotok, itu artinya mesin bermasalah di suatu tempat. Berikut ada beberapa kemungkinan bunyi tersebut terjadi :

    1. Terjadinya Engine Knocking

    Engine knocking atau orang biasa menyebut ngelitik adalah suara mirip ketukan logam yang berasal dari pembakaran yang kurang sempurna. Biasanya ini disebabkan karena anda menggunakan bensin yang memiliki oktan rendah. Meski suaranya mirip ketukan logam, bunyi ini tidak disebabkan karena keausan atau oblaknya salah satu komponen mesin jadi anda tidak perlu terlalu khawatir. Solusi untuk knocking adalah dengan melakukan tune up dan menggunakan bensin beroktan tinggi.

            2.Oli Belum Naik

    Kalau bunyi klotok-klotok muncul saat anda menghidupkan mesin di pagi hari atau ketika anda pertama kali menghidupkan mesin setelah mesin mati selama seharian, maka itu bisa disebabkan olinya belum naik.

    Perlu diketahui, oli mobil bisa mengalir ke seluruh partisi mesin yang membutuhkan dengan bantuan alat seperti pompa. Nah, pompa ini hanya akan bekerja ketika mesin mobil dinyalakan. Bunyi klotok-klotok yang muncul ini bisa dibilang wajar karena oli belum naik sepenuhnya. Namun anda tak perlu khawatir kalau memang penyebabnya cuma karena oli yang belum naik. Kalau sirkulasinya sudah lancar, bunyi klotok-klotok itu bisa hilang dengan sendirinya. 

            3.Celah Katup Lebar

    Bagi yang belum tahu, celah katup adalah sebuah jarak atau celah antara batang katup dengan rocker arm. Fungsi celah ini adalah sebagai batas toleransi terhadap batang katup saat memuai, jadi ketika mesin panas otomatis ada sedikit pemuaian pada batang katup karena bahannya logam.