Berita

    Kenali Ciri Fan Belt Mobil Harus Diganti

    Jika Anda bertanya kapan sebaiknya fan belt diganti, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja ciri-ciri kerusakan yang bisa terjadi pada karet V belt atau tali kipas mobil. 

    Dengan memahami hal tersebut, Anda bisa memutuskan apakah harus diganti atau hanya perlu diperbaiki saja. Namun jika menemukan ciri-ciri di bawah ini, itu tandanya fan belt harus segera diganti. Berikut daftarnya.  

    Tidak Hanya Putus, Ini 7 Ciri Kerusakan yang Membuat Fan Belt Diganti

    Salah satu tanda bahwa tali kipas pada mobil harus diganti adalah putus. Namun tidak hanya itu, masih ada beberapa ciri lainnya yang harus Anda pahami, misalnya karena usia pemakaian. 

    Walaupun demikian, komponen ini juga harus segera diganti dengan karet V belt baru  apabila ditemukan beberapa ciri berikut ini: 

            1. Terlihat Tipis

    Fan belt ini merupakan salah satu komponen yang vital bagi mobil. Fungsinya adalah sebagai transmisi penggerak yang menghubungkan beberapa komponen pada mobil. 

    Karet V belt memiliki batas usia pakai antara 20 ribu hingga 40 ribu kilometer jarak tempuh. Walaupun demikian, Anda harus menggantinya ketika sudah terlihat menipis. Ini dikarenakan dampak dari gesekan komponen mobil yang ada di sekitar fan belt. 

            2. Rapuh atau Terasa Getas Saat Disentuh

    Karet V belt yang telah lama digunakan akan terasa getas atau mudah rapuh. Penyebabnya adalah karena digunakan secara terus menerus sehingga berpotensi menghasilkan suhu mesin yang tinggi. 

    Walaupun komponen ini terbuat dari material karet dengan elastisitas tinggi, jika terkena suhu yang tinggi berulang kali akan membuat elastisitasnya menurun. 

    Ketika sudah terindikasi rapuh, harus segera dilakukan penggantian karena bila dibiarkan bisa membuat fan belt mudah putus.  

            3. Ada Suara Berdecit dari Fan Belt saat Mesin Dihidupkan

    Fan belt diganti ketika Anda mendengar suara decit saat mesin mobil dihidupkan. Suara tersebut berasal dari fan belt yang telah menurun kualitasnya akibat bergesekan dengan pulley, sedangkan karet V belt sendiri memuai karena panas. 

            4. Mulai Kendur atau Longgar

    Ciri berikutnya yang menandakan fan belt harus diganti adalah daya cengkramannya yang mulai longgar atau kendur. Seiring berjalannya waktu, V belt yang terbuat dari karet tersebut akan semakin melemah daya cengkramannya.