Berita

    Apa Itu Knocking pada Mesin, Ketahui Ini Penyebabnya

    Tok tok. Siapa di sana? Ini mesin Anda yang ingin memberitahu jika ada masalah pada bagian mesin. Biasanya, tanda yang diberikan berupa suara yang mendekati sebuah ketukan berulang-ulang atau suara ping yang menjadi lebih keras dan lebih cepat saat Anda berakselerasi. Itulah yang disebut dengan knocking. 

    Knocking adalah masalah yang mungkin terjadi pada bagian bawah kap mobil. Knocking bisa terjadi sewaktu bensin mobil terbakar secara tidak merata di dalam silinder mesin. 

    Ketika silinder memiliki keseimbangan udara dan bahan bakar yang benar, bahan bakar akan terbakar dalam kantong-kantong kecil yang diatur alih-alih sekaligus. Setelah setiap kantong terbakar, itu menciptakan sedikit kejutan, menyalakan kantong berikutnya dan melanjutkan siklus. 

    Ketukan mesin terjadi ketika bahan bakar terbakar secara tidak merata dan guncangan itu padam pada waktu yang salah. Hasilnya? Suara bising yang mengganggu dan potensi kerusakan pada dinding silinder dan piston mesin.

    Penyebab Terjadinya Knocking pada Mesin

    Lantas, hal yang menjadi penyebab terjadinya knocking pada mesin mobil adalah: 

            1. Colokan busi mengalami kerusakan

    Busi mesin menghasilkan percikan listrik yang menyalakan campuran bahan bakar/udara silinder. Dengan kata lain, busi sangat penting untuk menghidupkan dan menjalankan mesin. 

    Seperti bagian lain dalam mobil, busi pun bisa menua dan rusak seiring waktu. Sebagian besar produsen mobil merekomendasikan untuk memasang busi baru setiap 30.000 km, tetapi umur panjang busi tergantung pada kondisi dan jenisnya. 

    Jika Anda tidak menggunakan busi yang direkomendasikan pabrikan, atau busi telah aus, ini bisa menjadi penyebab munculnya suara ketukan yang mengganggu tersebut.

            2. Bahan bakar yang digunakan memiliki nilai oktan yang rendah

    Bahan bakar memiliki peringkat oktan yang berbeda-beda. Itulah sebabnya Anda memiliki begitu banyak pilihan saat melakukan pengisian bahan bakar. 

    Semakin tinggi nilai oktan bahan bakar, semakin banyak kompresi yang dapat ditahan sebelum dinyalakan. Jika mesin Anda dirancang untuk menangani bahan bakar beroktan tinggi, menggunakan jenis biasa dapat menyebabkan kebisingan mesin yang berlebihan.

            3. Bantalan batang piston yang aus

    Saat piston bergerak naik turun di dalam mesin, komponen ini memutar poros engkol yang pada akhirnya mengirimkan tenaga ke roda. Bantalan batang memfasilitasi gerakan piston yang mulus, tetapi dapat menjadi aus atau keluar dari posisinya seiring waktu.